Selasa, 22 Juli 2014

Wirausaha = Menjadi Pendengar

Bunda cantik.
Tahukah bunda ketika kita siap terjun ke dunia wirausaha, berarti kita musti siap jadi pendengar yang sangat baik ?
Pernah aku mampir secara tidak sengaja ke kedai tahu yang ramai di daerah Rogojampi Banyuwangi.
Dengan bangga penjualnya bilang bahwa tahunya sering dibeli orang dari luar kota. Spontan aku bilang : "Berarti bapak musti bikin kemasan yang pantas, bukan tas kresek hitam gini. Bisa pakai besek atau kotak yang menarik".
"Wah, nanti jadi mahal bu. Begini saja sudah ramai", katanya. Dan aku ngeyel :"Kan biaya kemasan ditambahkan hanya buat pembeli yang memilih kemasan yang bagus buat oleh-oleh. Kalau tas kresek begini kan kurang manis dijadikan oleh oleh. Buat yang mau murah kan bisa tetap pakai tas kresek. Saya dari luar kota juga lo pak, dari Malang , dan lagi cari oleh-oleh".
Dan penjualnya tetap bertahan dengan tas kresek hitam andalannya , aku berhenti ngeyel. Cuma sayang banget tuh penjualnya gak tahu kalau dia lagi ngomong sama instruktur kewirausahaan propinsi Jatim .... Hehehe.
Menjadi pendengar dari keluhan konsumen amat penting untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Amat berpengaruh pada perkembangan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar