Selasa, 15 Juli 2014

Membangun Sistem Usaha (3)

Sistem yang terlihatnya seperti ribet banget, apa-apa musti dicatat, dengan detail pula, akan terasakan manfaatnya secara langsung saat membuat perencanaan, baik itu rencana belanja , rencana produksi, atau rencana pengembangan usaha.

Sistem akan membuat pekerjaan lebih efektif, mengurangi kebocoran di sana sini.  Contoh sederhana  :  dengan adanya catatan-catatan belanja, bisa diketahui kebutuhan bahan baku tiap minggu, hingga bisa belanja bahan sekali saja dalam seminggu, tidak perlu bolak balik belanja yang memboroskan bensin, waktu dan tenaga.

Demikian juga dengan rencana produksi, akan ketahuan mana dagangan yang laku keras, mana yang menghasilkan keuntungan paling banyak, mana yang perlu ditambah produksinya, mana yang perlu dihentikan produksinya.

Dalam hal pengembangan usaha juga bisa dilakukan analisa sederhana, apakah produksi bisa dipacu untuk membuka cabang baru atau wilayah pemasaran baru ?

Lakukan analisa di tiap bagian secara periodik, bisa seminggu sekali atau sebulan sekali tergantung kebutuhan dan kondisi masing-masing usaha. Selain untuk membuat perencanaan, analisa juga dilakukan untuk berbagai masalah yang dibutuhkan saat itu.  Contoh : mengapa kinerja bagian produksi tidak bisa memenuhi target ? apakah karena personelnya kurang ataukah karena personel yang ada kurang maksimal kerjanya ? dll dll .

Manusia itu amat terbatas, tidak bisa mengingat seluruh kejadian, apalagi kejadian yang terjadi dalam sebuah bisnis meskipun dikelola sendiri, untuk itulah diperlukan catatan-catatan untuk mempermudah diri kita sendiri dan orang lain.  Bahkan soal catatan / tulisan ini dianjurkan dalam al quran :

QS. Al-Qamar [54] : ayat 53
[54:53] Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar