Jumat, 11 Juli 2014

Semprit


Kue semprit itu kue kuno yang setiap hari raya aku temui.  Dulu waktu masih imut, aku suka kagum melihat cara ibu mencetak kue semprit dengan menekan pakai jempol.  Jaman itu kue semprit kebanyakan menggunakan tepung larut dengan rasa santan yang guriiih habis, aku pingin membuat semprit larut kapan-kapan.  Kali ini aku membuat semprit terigu saja.



Bahan dan cara membuatnya :

-  500 gram margarine dengan 350 gram gula halus dimixer sampai mengembang, tambahkan 4 kuning telur dan mixer lagi , tambahkan 1 sacet susu bubuk (27 gram) lalu mixer, tambahkan 750 gram tepung terigu segitiga , aduk dengan centong sampai rata.

-  Cetak dengan cetakan semprit, bentuk sesuka hati.  Bila memilih bentuk bunga, untuk benang sarinya, aku sarankan menggunakan selai nanas, tapi aku sendiri menggunakan adonan yang aku kasih sedikit coklat bubuk karena tidak punya selai nanas, bisa juga menggunakan coklat chips. Selama proses mencetak, tutup adonan dengan plastik agar tidak kering, kalau kering susah dispuit.

-  Oven sampai matang.

Dari resep ini jadi 5 toples  kue semprit , ukuran toplesnya 1/2 kg kata penjualnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar