Senin, 14 Juli 2014

Membangun Sistem Usaha (2)

 Ini status yang aku bagikan di grup NCC :

Psgiiii bunda cantik.
Melanjutkan sharing ilmu kewirausahaan kemarin ya.
Semua prosedur . alur kerja , job disc masing masing bagian, sampai penanganan bahan baku tidak sesuai , penanganan produk tidak sesuai (produk gagal), penanganan keluhan pelanggan, dll dll , ditulis secara rinci, karena kita sedang membangun SISTEM di bisnis kita.
Gunanya sistem itu banyaaaak sekali bunda , diantaranya agar kita tidak jadi 'one women show' , bahasa jawanya 'Ratu Angabehi' .... ini capek banget loh bunda .
Sebuah usaha lebih mudah berkembang bila ada sistem yang dijalankan dengan baik, karena jadi ketahuan di posisi mana usaha kita lemah, juga jadi tahu dimana letak kekuatannya .
Dengan adanya sistem, seorang pemilik usaha bisa jalan-jalan atau nyapres sementara usahanya terus berjalan dan memberikan keuntungan pada dirinya dan orang banyak.
Untuk punya sistem usaha, tidak harus besar dulu usaha kita. Justru sejak mengawali usaha, kita bangun sistemnya , walau semua posisi ditempati sendiri .... (dulupun aku begitu bunda)
Cobalah dijalankan pelajaranku kemarin , ditambah prosedur penanganan bahan tidak sesuai (untuk bagian pembelian) , prosedur penanganan produk tidak sesuai (untuk bagian produksi) , prosedur penanganan keluhan pelanggan (bagian marketing).
InsyaAllah bunda akan merasakan perbedaannya, setelah usaha ada sistemnya dibandingkan dengan yang mengalir saja.
Sampai disini dulu ya bunda pelajarannya, senang bila sharingku bermanfaat. Mudah mudahan Allah memberi kesempatan untuk melanjutkan pelajaran ini di lain kesempatan.
Bila bunda ada kemajuan dalam usaha (minimal kepala tidak pusing) setelah menerapkan sistem , minta tolong dibagikan di komentar yaaaa.
Salam manis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar