Rabu, 16 Juli 2014

Produk Berdasarkan Sasaran Pasar

 Status pagiku di grup NCC .

Pagi yang dingin disini bunda.
Bagaimana pagi di tempat bunda ?
Obrolan tentang membangun sistem belum selesai , disela ngobrol soal marketing dulu yaaa, karena ada yang membutuhkannya.
Walau aku bukan orang marketing, tapi aku bisa menjelaskan sedikit yang mudah mudahan berguna.
Begini bunda.
Sebelum membuat sebuah produk, tetntukan dulu sasaran pasarnya (target market) , contoh : apakah membuat kue yang dipasarkan di sekolah - sekolah , untuk orang kantoran , untuk suplay di toko , untuk pasar oleh-oleh ? , untuk dijual khusus kalangan menengah ke atas ? dll dll
Kalau sudah menentukan sasaran pasar , pelajari karakter pasar , misalnya : untuk anak-anak sekolah biasanya jajan kue kelas 1000 rupiah / biji, untuk pasar oleh-oleh biasanya butuh kemasan yang menarik , dll dll.
Dari sini, bakalan ketemu mau buat produk apa , harga berapa , dengan kwalitas bagaimana , dikemas (packaging) seperti apa, sistem pemasarannya bagaimana.
Setahuku , kita bisa memasarkan dengan cara titip jual , beli putus, atau dibuat sesuai pesanan.
Cara paling aman untuk yang bermodal kecil adalah dengan beli putus dan membuat sesuai pesanan. Tapi sistem titip jual juga mengandung kelebihan, yaitu kita tidak harus punya toko atau sewa toko dan tidak usah mikirin gaji penjaga toko.
Segini dulu ya bunda sharing kewirausahaan dariku. Mudah mudahan bermanfaat.
Selamat berpuasa bagi yang menjalankannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar