Sabtu, 19 Juli 2014

Rolade Tuna

Sewaktu kemarin ke kebun, spontan terpikir untuk membeli ikan tuna di TPI Sendang Biru, terbayang untuk acara buka puasa bersama di Gubug, dibikin rolade pasti enak.



Dapatnya ikan tuna yang satu ekornya berat 2 kg .... hahaha , sak hohah ini.  Aku fillet, pilihi dagingnya, kucuri air jeruk nipis, lalu haluskan pakai blender biasa, sampai beberapa kali loh mbendernya.  Biar asin dan gurihnya merata, setiap kali memblender, sekaligus aku kasih bumbu dan garam gula.  Bumbunya bawang putih, merica, garam dan daun daun rosemary.  Daun rosemarynya kalau nggak ada ya gak usah, tapi kalau ada, rasanya jadi unik dan enak.

Aku campur merata semua blenderan halus, lalu aku tambahkan 8 putih telur sisa bikin cookies kemarin, ditambah 4 sendok makan tepung kanji, aduk rata.

Buat telur dadar lebar tipis di wajan teflon sebanyak 6 lembar dari 6 butir telur.  Bentangkan telur di atas daun pisang, olesi atasnya dengan adonan ikan setebal sekitar 1 cm, gulung dan semat daun pisang dengan lidi.  Lakukan sampai habis.  Kukus sampai matang, dinginkan baru dipotong-potong untuk dihidangkan.

Membuat sausnya :
Tumis bawang putih keprak, jahe keprak, merica bubuk  dan daun rosemary, tambahkan air, garam, gula dan didihkan.  Masukkan kepala ikan tuna, biarkan mendidih sampai kepala ikan matang.  Ambil airnya dengan cara disaring, lalu tambahkan kecap manis, kentalkan dengan tepung terigu.

Semua yang aku uraikan di atas untuk 2 kg ikan tuna mentah.  Silahkan dikira kira sendiri kalau ikan tunanya lebih kecil atau lebih sak hohah .... hahaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar