Selasa, 02 Juli 2013

Nasi Kuning Tanpa Santan

Mau memasak nasi kuning tapi di dapur gak punya persediaan santan , manalah lagi nasi bungkusku akan dibawa mas Hary jam 6 pagi.  Kutatap sambal goreng kering tempe yang sudah disiapkan bu Kot kemarin sambil mikir, apa ya buat pengganti santan , masak susu ? sedangkan di rumah cuma ada susu kental manis.



Akhirnya ... ting ! ada ide mecungul di kepalaku.  Entah bagaimana nanti rasanya, aku ganti santan dengan minyak goreng .... hihihi ....

Gini nih caraku : beras 1,5 kg dikasih bumbu garam, daun jeruk purut yang banyak, daun salam juga banyak dan sereh 2 tangkai. Kunyitnya diuleg kasar direbus, disaring masukkan dalam beras, kasih minyak goreng banyaknya kira kira saja (aku gak menakarnya).  Nah nyalakan magic comnya .... Tinggalin bikin telur dadar dan iris tipis tipis.

Oh ya, katanya sih biar nasi kuningnya mengkilat, berasnya direndam dulu pakai air yang dikasih perasan jeruk nipis.  Tapi berhubung gak ada waktu untuk merendamnya, jeruk nipisnya aku taruh langsung saja ke airnya, ikutan dimasak.

Selain irisan telur dadar, pelengkap lainnya abon siap beli dan sambal goreng kering tempe made in bu Kot.  Cepet sekali nasi bungkusku siap launching pagi ini,  ciri khasnya Innuri di dapur, secepat pesawat tempur .... hehehe.

Pagi ini gantengku mas Hary berangkat pameran di Tunjungan Plaza Surabaya bersama seorang karyawan dan Alni yang ngintil karena liburan.  Beliau berangkat sambil bawa nasi bungkus.  Biasanya kami kalau ke Surabaya membagi nasi bungkusnya ke  pedagang asongan yang banyak sekali di pertigaan Karanglo Singasari.  Mereka pasti senang pagi-pagi dapat sarapan nasi kuning yang yummy banget.

Walau tanpa santan, warnanya tetap kuning tuuuh .... hehehe.  Kaget aku waktu Alni bilang :"Nasi kuningnya ibuk enak ".  Mendengar komentar Alni tuh rasanya kayak dapat penghargaan jadi master chef deh .... hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar