Kamis, 18 Juli 2013

Chicken Nugget



Rasanya tuh, semua anak di dunia ini suka sama chicken nugget,  enak dan gurih sih.  Kalau mau membuatnya sendiri, pasti lebih sehat karena dimasak tanpa vitsin, tanpa kaldu pabrikan dan tanpa pengawet, membuatnya mudah dan pasti lebih hemat.



Bahannya ayam giling (ayam cincang juga bisa), telur, susu, roti tawar dan tepung panir, sedangkan bumbunya cuma bawang putih, garam dan merica bubuk.

Aku membeli 1/2 kg ayam, diambil dagingnya saja, kulitnya ikut dibuang karena timbunan suntikan imunisasi ayam numpuk di kulit (begitulah yang pernah aku baca). Mungkin total ayam cincangnya tinggal 400 gram. 

3-4 lembar roti tawar diremas dengan tiga perempat gelas susu (150cc), kalau ukuran roti tawarnya kecil seperti yang aku pakai, bisa jadi 6 lembar roti tawarnya, yang penting susunya terserap semua ke roti.

Campur remasan roti tawar dan ayam cincang, bawang putih yang sudah diuleg halus, merica bubuk dan garam kurang lebih 2 sendok makan dan 2 butir telur.  Bila ingin rasa chicken nuggetnya kayak beli di toko, tambahkan saja kaldu ayam bubuk dan kurangi garamnya.  Aduk sampai tercampur rata, lalu kukus sampai matang dan dinginkan.

Biar bentuknya menarik, waktu mengukus, bisa memakai cetakan agar-agar beraneka bentuk, oles dulu cetakannya dengan minyak goreng.  Kalau tidak ada cetakan macam macam, cukup memakai loyang biasa saja.  Kalau ingin bentuk chicken nuggetnya bulat, bungkus saja adonan dengan daun pisang lalu bentuk seperti lontong.

Kukus adonan sampai matang, lalu dinginkan.  Setelah dingin boleh dipotong potong sesuai bentuk dan ukuran yang dikehendaki, gulingkan di tepung panir, celup di putih telur (bukan telur yang dikopyok, ambil putihnya saja ya, ini resep rahasia temanku yang berjualan kue) lalu gulingkan lagi di tepung panir dan goreng.  Bila mau disimpan, masukkan saja dalam wadah kedap udara dan taruh di frezer, bisa tahan kurang lebih 2 minggu.

Contoh yang aku tampilkan di atas tidak memakai tepung panir, karena ingin mempertahankan bentuk bulan sabit dan bintangnya. Lebih keren mana dengan yang memakai tepung panir yang fotonya di bawah ini ?......  ah, yang penting lezzyyy  .... alias lezat yummy ..., walau tidak segurih chicken nugget yang beli di toko, karena resepku kan resep sehat berbumbu alami.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar