Sabtu, 20 Juli 2013

Lele Lalapan.




Ini menu yang disukai banyak orang , lele goreng dan sambal lalapan.  Lihat betapa segar dan menggugah selera.



Kalau mau menggoreng ikan, aku terkadang jadi ingat saat pertama kali misah rumah dari ibu, ikut mas Hary ke Situbondo, sudah ada Aden, Zeli masih bayi, dan ada seorang pembantu yang pintar memasak.

Saat pembantuku berhenti karena menikah, aku tidak segera mendapat penggantinya.  Jadi ketahuan kalau tidak bisa memasak sama sekali ..... sampai mau menggoreng ikan saja musti nanya ke tetangga, apa bumbunya.

"Bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam ", gitu kata tetanggaku yang namanya mbak Ana ... aku masih mengingat namanya, orangnya baik sih, tempat aku bertanya soal masakan.

Ya, bumbu resep mbak Ana itu ternyata bumbu yang mudah saja dan wanita sedunia juga tahu .... hehehe , kecuali aku dan kalian mungkin ..... hahaha....

Lele dilumuri bumbu,  dibiarkan dulu beberapa saat (sekitar 15 menit) sampai bumbunya meresap.  Disini aku masih juga ketahuan bodohnya .... hmmm , ceritanya aku membumbuinya jam 10 pagi, maksudku mau digoreng jam 3 sore biar anget pas buka puasa .... tapi bu Kot yang protes.

"Kalau kelamaan, lelenya jadi kaku dong bunda", kata bu Kot, wah .... ... padahal aku kan Ir perikanan, kok kalah sama bui Kot sih.... hahaha ...

Lalapannya kemangi, daun selada, timun dan tomat.  Sambalnya sambal tomat, cara membuatnya, cabai rawit, tomat, bawang putih, terasi, digoreng sampai matang, diuleg, tambahkan garam dan gula, lebih sedap lagi ditambah perasan jeruk limau.

Aku punya tips biar lalapan yang layu waktu kita beli, jadi seger lagi kayak baru dipetik.  Caranya gampang saja kok, lalapan yang masih utuh  dicuci  bersih dan taruh di baskom, kasih air sedikit di baskomnya, biarkan sampai daunnya megar lagi.

Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar