Minggu, 21 Juli 2013

Tahu Penyet



Selama aku berkelana dari kota ke kota, rasanya cuma di Malang ada istilah tempe penyet, tahu penyet, terong penyet, telur penyet, lele penyet, ayam penyet ..... wah wah wah ... orang Malang suka banget sama yang penyet penyet .... hahaha , asal jangan mobil penyet saja ya .... hahaha.

 

Salah satu kesukaan Insan, anakku nomer tiga adalah tahu penyet, apalagi sambalnya aku yang bikin, dia bisa makan 2 piring nasi munjung .....  Sambalnya ibuk enak, gitu kata Insan. 

Sambal tomat innuri itu bikinnya digoreng dulu, baru diuleg di cobek. Bawang putih 1 siung, cabai rawit sesuai selera, tomat ukuran sedang 2 buah, sedikit terasi , semuanya digoreng , setelah matang diuleg, dikasih perasan jeruk limau selama persediaan masih ada ..... ehm, kok kayak hadiah apaaa ya ... hehehe.  Maksudku, kalau tidak ada jeruk limau, tidak dikasih juga gapapa.

Cara membuat penyetan yang sedap itu gini; lauk yang mau dipenyet digoreng dulu , panas-panas taruh diatas sambal , taburi kemangi di atasnya lalu penyet pakai uleg, lengkapi dengan irisan ketimun.

Lauk yang sering jadi 'korban' penyetan antara lain; tahu, tempe, telur ceplok, terong, ikan laut /ikan air tawar, ayam/bebek.  Tinggal menyesuaikan saja dengan lauk kesukaan atau yang tersedia di kulkas.


2 komentar:

  1. Waaw...ternyata banyak yg bisa di "penyet"
    Praktis banget ! 1 x bikin sambal ,bisa brganti menu macam2.
    Terimakasih sajian menunya yaa....salam kenal !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali mb Mutia , makasih komentarnya yaaaa

      Hapus