Selasa, 23 Juli 2013

Kue Pukis Bulat




Alni menyebutnya kue terang bulan mini, dia suka sekali dimakan anget-anget dioles mentega dan ditaburi meses.

Aku menyebutnya kue pukis bulat.  Adonannya kue pukis, tapi santannya aku ganti mentega, dan cetakannya bulat karena ga punya cetakan miring.



Aku bikinnya banyak karena aku kirim ke masjid buat ta'jil.  Aku bikin dari  sekilo tepung terigu (kurangi segelas untuk jaga-jaga kalau adonan terlalu encer), tepung terigunya yang protein sedang saja, bukan yang cakra.  Menteganya 300 gram dilelehkan lalu sisihkan.

Cara bikinnya mulai dari gambar atas kanan ke bawah, campur bahan kering dulu yang terdiri dari tepung terigu 1 kg (dikurangi 1gelas), gula 1/2 kg, dan 1 sacet fermipan (11gr) , setelah tercampur, tambahkan 6 butir telur dan air hangat kuku 1 liter.  Campur rata lalu masukkan mentega cairnya.  Diamkan sampai mengembang, kira kira 1/2 jam sudah mengembang.  Cetak. Bisa dihidangkan begitu saja atau dikasih toping macam-macam sesuai selera.  Kalau selera Alni sih, dikasih meses.

Dari resepku ini bisa jadi 50 buah kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar