Minggu, 16 Juni 2013

Sayap Ayam Bumbu Merah

Prestasiku kali ini sungguh patut dihargai, karena semua aku masak sendiri, kan bu Kot libur kalau hari minggu.

Ceritanya kemarin siang sehabis dikunjungi mbak Nita Pribadi yang artis Bontang itu, aku ikut suamiku nganter pepaya ke kios langganan di pasar.  Nah, sekalian saja aku belanja.

Aku beli sayap ayam, karena ingat suamiku bilang :"Sayang, bikin menu ayam gitu lo buat nasi bungkusnya, mereka itu orang-orang yang sederhana, jarang makan enak". Rasanya mak jleb mendengar kata-kata suamiku, yaaaah, selama ini kan menunya berkutat di telur aja, biar dimacem macemin judulnya tetap telur, soalnya yang selalu tersedia di warung mbak Nur sebelah rumah ya telur itu.

Jadi aku masak kemarin sore nih ceritanya, sayap ayam bumbu merah, mungkin orang lain bilang bumbu rujak.  Tapi aku takut memberi judul bumbu rujak, soalnya bumbunya ngawur .... hehehe, gak ada yang tak tanyain siih, mau nanya mbah google, mbahnya lagi tidur ... yo wes lah, karena warnanya merah aku kasih judul 'sayap ayam bumbu merah'.  Soal rasa, dijamin siip markusip, enak pokoknya.

Untuk melengkapi menunya, aku tambahkan tahu goreng di sayap ayamnya.




Bumbu merahnya terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, jahe, kunyit, daun jeruk purut, sere.  Semua bumbu diblender kecuali daun jeruk dan serenya. Ditumis, masukkan ayamnya, tambah garam dan gula, tutup (ungkep), sesekali dibalik,  sampai matang, baru masukkan tahunya, aduk aduk agar bumbu meresap ke dalam tahu.

Pagi harinya aku tinggal ngangetin aja, sama bikin oseng pedas kacang panjang.  Bumbu osengnya biasa saja, bawang merah, bawang putih, tomat, lengkuas, tapi aku tambah cabai rawit yang banyak, maksudnya siiih, bila salah satu menunya sudah pedas, berarti gak usah bikin sambal, lebih enteng akunya .... hehehe.

Siiip kan ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar