Senin, 10 Juni 2013

Rempeyek Renyah dan Perkedel Tahu Hemat Minyak

Alhamdulillah pagi ini bangun subuh, jadi  gak keburu-buru, masih sempat fotoin makanan. Menu nasi bungkusku pagi ini sederhana banget sih, yaaa mohon dipermaklum ...., menunya ditentukan tukang sayur langganan yang kalau datang ke butik sudah di episode terakhir, dapat karen-karen alias sisa-sisa.  Tapi chef Innuri (... ehm !!!) selalu bisa membuat makanan sederhana terasa yummy dan menggugah selera ...



Hanya oseng oseng daun singkong, pergedel tahu dan rempeyek kedelai hitam.  Yang kepingin tahu cara bikin rempeyek renyah ala innuri boleh dilanjut, atau kepingin ngintip cara bikin perkedel tahu cara kilat khusus yang delicious, tinggi protein dan hemat minyak goreng (untuk mengurangi kolesterol), boleh lanjut menyimak tips memasak dariku.

Rempeyeknya biar renyah gini nih panduannya, kalau mau bikin dari 500 gram tepung beras rose brand, maka bumbunya 1 ons kemiri (harus 1 ons ya), bawang putih ketumbar dan daun jeruk purut banyaknya terserah, dikira kira saja, tambah telur 2 butir, garam jangan lupa.  Bumbunya diblender dicampur tepung beras dan telur, tambah air secukupnya.

Untuk isi rempeyek bisa sesuka hati, kecang tanah, kacang kedelai, kacang tolo dll, tapi musti diingat, kalau menggunakan kedelai hitam seperti punyaku, rendam dulu kedelainya dalam air panas selama 10 menit, tiriskan dan langsung masukkan dalam adonan tepung, lalu goreng sesendok demi sesendok tipis tipis dengan minyak yang banyak.

Sekarang beralih ke "perkedel tahu cara kilat khusus, delicious, tinggi protein, hemat minyak dan juga rendah kolesterol" , .... hehehe, judulnya kok panjaaaang ya.



Gini resepnya, tahunya cuma sekeping yang seharga 2000 rupiah (kira kira 250 gram tahu), tapi telurnya aku gunakan 6 telur, ditambah sosis iris tipis.  Biar kilat dan gak pake ngupas bumbu, aku cuma memakai tepung bumbu seharga 1000 rupiahan itu.  Dan biar rendah kolesterol, gorengnya di cetakan lumpur / apem.  Lagipula adonannya memang agar cair karena banyak telurnya, jadi menggorengnya musti memakai cetakan kue seperti foto itu.

Prosedurnya gini :  tahu dihancurkan, ditambah tepung bumbu dan garam, ditambah telur dan sosis, ditambah daun bawang dan seledri, aduk rata dan siap digoreng.  Menggorengnya ditutup ya, dan jangan lupa dibalik. Penampilan pergedel tahu ala innuri ini cantik loh, seperti yang masak .... hehehe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar