Senin, 03 Juni 2013

Omelet Jagung Manis dan Menu Daur Ulang

Menu nasi bungkusku pagi ini , sambal goreng tahu ati ampela , tempe masak pedas, dan omelet jagung manis sosis.

Omeletku tampilannya cantik loooh.  Ini potohnya :



Cara bikinnya gampang banget.  Buka kulkas dulu .... hehehe, ketemunya kok cuma sama seplastik jagung manis kecil kecil isi 4, sosisnya juga tinggal dua, nyari daun bawang kok gak ada ... lariii deh ke halaman. Aku nanam gingseng di halaman depan sama belakang rumah, kupetik beberapa daunnya, kucuci dan kurajang halus .... nah, mirip daun bawang kan ? .......xixixi kalian ketipu ya, tadi kalian kira yang ijo ijo itu daun bawang.

Sosisnya dipotong tipis tipis, masukkan garam, bumbu dasar, tambah merica bubuk boleh, atau penyedap bila suka, aduk aduk biar bumbunya nyampur sama bahannya dulu, baru masukkan telur 8, kopyok lepas.

Aku menggorengnya di wajan teflon yang bentuk segi empat, cantik bila dipotong.  Sekali menggoreng bisa jadi 4 potong.  Semuanya jadi 20 potong, dengan catatan kalau gak ada yang gosong .... hehehe, soalnya aku juga hoby nggosongin, trus kalau gosong aku hap sendiri ... hihihi

Sambal goreng tahu ati ampelanya sudah dibikin bu Kot sore, masuk kulkas, pagi ini aku tinggal ngangetin saja .... hehehe. Tapi jangan anggap remeh pekerjaan ngangetin sambal goreng.  Ada tehnik tersendiri looo ... ehm ehm.  Gini, karena aku suka kalau nasi bungkusku tahan sampai sore, aku ngangetinnya musti tanak, jadi keluar dari kulkas, tambahin sedikit air, yaah kira kira setengah gelas gitu, baru diangetin, dibolak balik sampai kadar airnya seminim mungkin.



kukasih nama menu 2 , kan kemarin sudah aku kasih menu 1 , nasi goreng sosis ituuuh

Tempe masak pedasnya itu hasil kecerdikanku mendaur ulang tempe goreng sisa kemarin, aku kebanyakan beli tempe siiih.  Bumbunya bumbu dasar ciptaan bu Kot, tinggal nambahin cabe yang banyaaaak sama terasi.

Nguleg cabe juga ada triknya loh biar tangan gak kemeng / capek, caranya cabenya digoreng dulu, jangan lupa kalau goreng cabe ditutup aja, soalnya suka meloncat loncat. 

Aku menyediakan waktu satu jam untuk memasak dan membungkusnya, ini bukan waktu yang lama kok, apalagi memasaknya sambil murattal diseling nyanyi nyanyi .....  Aaaah, jadi ingat ibuku, kalau aku nyanyinya lagu slow, ibu suka bilang gini : "Kalau kerja sambil nyanyi itu mestinya nyanyi lagu mars, biar kerjanya juga cepet".  Hahaha .... ibuku lucu yaaa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar