Senin, 22 September 2014

Weci Enak Tanpa Vitsin


Pagi yang sendu, mas Hary mengantar Aden ke stasiun habis shalat subuh, setelah sejak tgl 8 september (sehari setelah meninggalnya bapak) dia berada di Malang.  Tak terasa 2 minggu ditemani anak ganteng yang lucunya gak habis-habis.  Pagi ini dia kembali ke Bandung, kembali ke habitatnya yang hanya melibatkan doa-doaku.

Kuhibur diriku dengan tenggelam di dapur, membuat weci, dan ketika wecinya mateng, kembali terasa sunyi hati ini, karena biasanya si ganteng itu sambil menggambar di depan lap top suka banget nyemil masakan ibunya.



Ini weci tanpa vitsin, sebelumnya selalu saja gagal bikin weci tanpa vitsin yang bisa seenak kalau beli.  Aku sekarang punya trik biar tetap enak walau tanpa vitsin.  Caranya begini nih ;  bumbunya bawang merah dan bawang putih aku goreng dulu, ditambah daging ayam goreng  yang dipotong kasar (sepotong ayam goreng cukup), merica bubuk, garam dan gula, semuanya diblender halus.

Weci di Malang biasanya memakai sayur wortel yang diiris halus memanjang dan cambah kedelai atau kubis yang diiris halus memanjang, ditambah irisan halus daun sledri.  Tapi weciku ini isinya wortel dan jamur tiram, rasanya tentu jadi nyammmy banget, tapi sebelumnya jamur tiram yang sudah diiris kasar aku gongso / tumis dulu di atas wajan sampai jamurnya layu dan matang.

Sekarang mulai bikin adonannya, wortel dan jamur aku taruh di baskom trus aku 'siram' pakai tepung terigu (kira-kira saja gak pakai ukuran), aduk aduk, masukkan bumbu, air sampai tepungnya basah semua, aduk membentuk adonan , tambahkan sebutir telur, aduk lagi.  Biarkan sebentarrr saja , beberapa menit cukup, lalu goreng  dengan cetakan weci dengan minyak yang banyak (deep frying).

Weciku sukses enak tanpa vitsin, tanpa kaldu bubuk, walau penampilannya agak pucat karena tidak punya seledri.

Sehari kemudian, aku bikin weci lagi, kali ini pakai udang goreng yang turut serta aku blender bersama bumbunya, kelupaan memasukkan merica bubuk , dan rasanya tetap enak, apalagi ada seledrinya , walau sayurnya cuman wortel saja.


weci dengan isian wortel dan jagung manis, sepiring ludes olehku berdua dengan mas Hary

Lalu sehari kemudian, jadi 3 hari berturut-turut nih, aku bikin lagi weci dengan isian wortel dan jagung manis, untuk hijauannya cuman ada daun bawang. Tapi bumbunya cuman bawang merah bawang putih merica, tanpa tambahan ayam atau udang, rasanya masih enak, tapi enakan yang ada ayamnya dan udangnya.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar