Rabu, 17 September 2014

Mengembangkan Usaha Nitip

Pagiiiii bunda-bunda sayang,
Ada banyak bunda-bunda NCC yang bertanya padaku bagaimana memulai usaha kuliner, dan ada yang sudah punya usaha nitip di kantin sekolah, tapi ingin mengembangkannya. Aku akan bahas sebatas pengetahuanku dan semoga ini bermanfaat buat pemula.

Aku ambil contoh sederhana saja : mau bikin usaha makanan kecil / es yang dititip di kantin-kantin sekolah (usaha seperti ini bisa gede loh bunda)

Pertama produknya harus bisa diterima anak sekolah dan harganya musti terjangkau anak sekolah. Lakukan tes pemasaran di sebuah atau lebih sekolah, amati dalam seminggu - dua mingggu apakah produk itu tetap disukai / tetap laku keras.

Bila produknya tetap laku keras, berarti layak untuk di kembangkan di sekolah-sekolah lain. Maka musti segera menyiapkan strategi selanjutnya.

Tulis target yang ingin dicapai oleh usaha bunda , misalnya ingin punya cabang titip di 50 sekolah, atau ingin setiap sekolah di kabupaten dititipi.

Lalu hitung kebutuhan produk sesuai target yang telah ditetapkan, dan berapa tenaga produksi dan tenaga distribusi yang diperlukan.

Target ini bisa dijalani secara bertahap, misalnya dalam bulan oktober bisa masuk di 10 sekolah dulu, selanjutnya ditambah di bulan-bulan selanjutnya.

Selama menjalankan semua itu, jangan lupa mengevaluasi dan memperbaiki sistem yang lemah. Dan jangan lupa membangun sistem usaha seperti pernah aku share sebelumnya.

Semoga bermanfaat ya bunda.
Semangat !!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar