Selasa, 23 September 2014

Membuat Goal Setting

Bila mempunyai sebuah usaha, otomatis kita akan dihadapkan pada target-target tertentu, bisa target produksi, target pemasaran, target omzet dll dll.  Nah , sekarang aku lagi bikin target pendapatan dari usaha browniesku  .... hmmm, siapa mau ikutan ? yuuuk sama sama kita tempuh step by stepnya.

Pertama - tama tetapkan dulu berapa target pendapatan yang ingin diraih ? Boleh ditulis gede-gede.

Lalu lakukan analisa sederhana dari usaha yang sudah dijalani, selama ini sudah menghasilkan pendapatan berapa per bulan ? pendapatan itu diperoleh dari berapa out let ? atau dari berapa warung / kantin yang dititipi ? atau dari berapa pelanggan tetap yang memesan secara berkala ?Pendapatan sebesar itu juga bisa diperoleh dari berapa orang tenaga kerja ?

Nah, misalnya saja, target pendapatan yang ingin diraih adalah 10 juta sebulan, sedangkan dari usaha yang dijalani selama ini baru mencapai 2,5 juta sebulan.  Berarti kita perlu menaikkan pendapatan 4 kali lipat , dan kemungkinan juga musti memperbesar produksi , pemasaran, dll dll yang 4 kali lipat,  tapi aku bilang 'kemungkinan' loh yaaa, karena sebuah usaha yang bergerak bersifat dinamis, dan kadang melenceng dari hitungan matematis. 

Untuk memperbesar pendapatan menjadi 4 kali lipat ini musti dianalisis lagi , karena kelipatan pemasaran dan produksi  mungkin bukan 4 kali lipat , bisa lebih rendah atau malah lebih tinggi, tergantung waktu, situasi dan kondisi.

Ada beberapa cara untuk memperbesar omzet dan pendapatan , diantaranya :
a)  memperluas pasar , berupa menambah out let, membuka cabang di tempat / kota lain , membuka sistem keagenan , dll
b) menambah variasi produk dengan out let yang tetap jumlahnya
c) menggabungkan  a dan b.
d) cara lain yang barangkali hanya  terpikir oleh anda, karena andalah yang lebih faham bisnis anda.

Lakukan analisa lagi yang sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani, manakah langkah yang dipilih. Apakah ingin menambah out let ? berapa target waktunya ? apakah menambah 1 out let dalam jangka waktu 3 bulan ke depan ? 3 bulan ke depannya lagi dibuka lagi 1 out let  sampai tercapai target omzet dan target pendapatan yang ditetapkan ?

Bila menambah variasi produk, maka produk apa yang dipilih yang nyambung dengan produk yang sudah berjalan ?

Bila ingin pendapatan 10 juta tercapai dalam 1 tahun, maka apakah langkah yang dijalani dari bulan ke bulan ? dari minggu ke minggu ? dari hari ke hari ? Mungkin di bulan pertama hanya ingin menambah 500 ribu saja , berarti pendapatan menjadi 3 juta di bulan depan.  Ini perlu strategi, berarti rata-rata sehari untung 100 ribu, bila keuntungan hari ini hanya 50 ribu misalnya, maka genapkan dari omzet hari lain.

Pikirkan segala kebutuhan yang terkait dengan target yang ditetapkan, misalnya penambahan karyawan, penambahan alat produksi, dll dll.

Semua itu musti tertulis membentuk goal setting .  

Pasar memang sulit diprediksi, adakalanya naik, adakalanya terjun bebas .... Tapi dengan adanya 'rekaman' bisnis berupa catatan-catatan, kita jadi mengenali 'irama' bisnis kita.  Maka berjalanlah dalam iramanya, bila menginginkan sesuatu dari usaha kita, maka bicaralah dengan Allah dan ajak ngomong bisnis kita.


bisnisku yang sudah lama kutekuni, memproduksi mukena jumputan, hasil desainku sendiri dan kumodeli sendiri

Bisnis adalah salah satu amanah dan pemberian Allah yang musti kita rawat dengan penuh kasih sayang, profesionalisme dan rasa syukur, jalanilah semua ini dengan penuh kebahagiaan dan persembahkan yang terbaik untuk Allah. 

Selengkapnya tentang target yang bersifat spiritual, silahkan dibuka dan dipelajari  disini  .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar