Minggu, 13 April 2014

Roti Manis Lembut


Aku pernah memposting resep roti manis, yang menggunakan ragi saja, tanpa bahan tambahan kimia yang lain, karena aku suka yang alami.  Tapi gantengku Insan ingin ibunya bisa bikin roti yang lembut dan empuk kayak beli di toko bakery terkenal, yang kukira pasti pakai bread improver.  Tapi karena di seputaran desaku yang ndesit ini tidak ada bread improver, akhirnya aku tambahkan SP dalam adonan roti manisku, dan hasilnya lembuuuuuuttt empuk.

 

Resep dan cara pengerjaannya sama dengan di Roti Manis Aneka Isi , cuman aku tambahkan SP yang diuleni bersamaan dengan semua bahan. Baiklah aku ulang resepnya : 500 gram terigu cakra, 1 bungkus fermipan (11 gram) , 1 sacet susu bubuk (27 gram), 1 sendok teh garam, 1/2 gelas gula pasir, campur bahan kering sampai rata, tambahkan 1 sendok makan peres SP , 1/2 sacet margarine (1 ons), 3/4 -1 gelas air hangat, aduk dengan pengaduk mixer spiral.

Jangan lupa mengulen adonan sampai kalis, yang tandanya kalau diolor pakai tangan, bisa tipis dan transparan yang bila diletakkan di atas koran, kita masih bisa membacanya.  Kalau mixernya agak lemoot (seperti punyaku ... ehm) ngulennya bisa sampai 30 menit, tapi kan yang ngulen mixer yang baik hati dan tidak suka menuntut .... hehehe.

Setelah kalis, kembangkan selama kurang lebih 30 menit, kempiskan dan bagi-bagi adonan dalam bulatan bulatan, kembangkan sebentar, kempiskan lagi lalu bentuk dan isi sesuai selera, tata di atas loyang, tutup untuk dikembangkan lagi, panggang dengan api maksimal.

 

Roti jadinya lebih lembut , aku cetak pakai cetakan cup cake , isinya coklat meses yang leleh sendiri saat dipanggang, separuhnya aku isi kismis yang aku masukin di dalamnya dan bagian luarnya aku tempelin juga, jadi kayak matanya alien ...... hahaha.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar