Kamis, 30 Oktober 2014

Roti Boy

Bisa bikin roti boy itu sesuatu banget,  karena ini roti kesukaan si cantikku Alni.  Dan ketika dia bilang :"Rasanya persiiiiiss", bahagianya itu loh serasa dibawa ke langit biru .... hahaha.

"Ibuk kalau beli roti boy berapa harganya ?", tanyanya.
"Sembilan ribu".
"Kalau bikin sendiri ?".
"Dua puluh ribu jadi 16 buah".
"Haaaah ???".



Resepnya aku dapat dari grup NCC, tapi aku padukan antara resep roti boy dan pembuatan roti sistem waterroux, jadi resep modifikasi ala aku, hasilnya roti boy yang lembut.  Dari resep yang mau aku ceritakan ini , kalau dijadikan roti boy semua, jadi 32 biji.  Aku sendiri separuh aku bikin roti boy, separuhnya lagi aku bikin donat, donatnya empuk kayak donat kentang.

Berikut ini bahan dan urutan cara membuatnya :

- dua sendok makan gula pasir, satu sacet ragi instant dan 2 gelas air hangat dicampur dan biarkan mengembang.
- sementara menunggu mengembang, buat adonan waterrouxnya , yaitu 100 gram terigu segitiga ditambah 2 gelas belimbing air, campur rata, masak di atas api sampai kental seperti vla sus.
- siapkan 800 gram  tepung terigu , disarankan tepung cakra, tapi aku menggunakan tepung segitiga karena malas beli ,  satu sacet susu bubuk (27 gram), tambahkan 150 gram margarine / mentega , 100 gram gula pasir, sedikit garam dan dua butir telur kocok lepas.
- campurkan adonan waterroux ke campuran tepung, masukkan ragi yang sudah mengembang , uleni adonan menggunakan mixer spiral kurang lebih 15 menit atau sampai kalis.  Kalis itu saat adonan diolor sampai tipis tidak sobek.
- proofing sempai adonan mengembang 2 kali lipat, kempiskan, bagi menjadi bulatan bulatan (bila dijadikan roti boy semua jadi 32 bulatan), sambil menyelesaikan bulatan bulatannya, biasanya bulatan yang awal kita bikin sudah mengembang lagi.
-ambil bulatan yang sudah mengembang , kempiskan dan isi dengan mentega / roombutter (biar mudah mengisi butternya, masukkan dulu butter dalam freezer, setelah mengeras baru dikeluarkan dan dipotong potong)
- proofing lagi adonan sampai mengembang 2 kali lipat.  Nyalakan oven, sementara menunggu oven panas, topping permukaan roti dengan adonan mokanya, buat lingkaran seperti obat nyamuk.
- oven dengan api sedang



Cara membuat toppingnya :
100 gram mentega ditambah  100 gram gula halus dimixer halus, tambahkan 150 gram tepung beras 2 butir telur, 4 sendok makan larutan kopi instan, sesendok makan pasta moka, mixer sampai halus dan mengembang.  Masukkan dalam pipping bag, siap untuk disemprotkan di atas roti.  Resep ini untuk 32 roti boy, bila hanya bikin 16 roti, buat 1/2 resep saja.

Selamat mencoba yaaaa ... love uuuu  muach muach !

Dan yang belum punya bukuku, masih bisa dipesan niiih :
"Menciptakan Keajaiban Finansial" Innuri Sulamono

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Itu yang benar ragi , gula pasir dan 1/2 gelas air hangat .

    BalasHapus
  3. Itu yang benar ragi , gula pasir dan 1/2 gelas air hangat .

    BalasHapus
  4. Mba yg di maksud belimbing air belimbing apa ya??

    BalasHapus