Senin, 13 Oktober 2014

Menemukan Keberanian Memulai

Ternyata banyak sekali ibu-ibu yang ingin punya usaha, tapi takut memulai, dari takut gagal, takut gak laku, takut ditolak, dll .  Mungkin juga bukan hanya ibu-ibu, tapi siapa saja bisa takut memulai.

Ada satu hal yang membuat orang berani memulai tanpa berpikir, yaitu kepepet .... hahaha.  Tapi kalau gak sedang kepepet , masak memepet-mepetkan diri .... huahahaha.

Tapi ada yang membuat kita berani walau tidak sedang kepepet, yaitu motivasi.  Eyang bilang motif  yang mendasari orang melakukan sesuatu.  Dari motif menjadikan niat, lalu menjadi tindakan.

Bila tidak sedang kepepet, temukan atau gali dulu motivasi apa yang membuat kita rela bergerak ?

Kita bisa termotivasi karena dorongan dari dalam diri sendiri, karena cinta kasih kepada orang lain (orang tua, suami, anak dll), atau karena Allah. Beberapa alasan di bawah ini contohnya :

- karena ingin membuat orang tua bangga
- karena anak-anak membutuhkan biaya yang besar, maka bekerja dengan penuh semangat
- karena Allah memberi banyak sekali  kemampuan diri, maka ingin membuat Allah bangga

Ada juga motivasi yang sama sekali tidak aku sarankan, kalau bisa dihapus dan direvisi, seperti motivasi untuk membuktikan kepada orang yang pernah menghina bahwa kita bisa sukses, atau untuk mendapat pengakuan, pujian dan penghargaan masyarakat , dan lain lain yang hanya untuk kepuasan diri sendiri..

Temukan dulu motivasi yang membuat kalian mau bergerak, tulis dalam bentuk visi dan misi bisnis.  Visi dan misi yang tertulis akan mengontrol jalannya bisnis agar tidak meleset dari tujuan awal.

Motivasi bisa berubah seiring waktu dan perjalanan kedewasaan seseorang.  Contohnya aku sendiri, dulu pertama bangkit berusaha karena ingin membantu suami , perlahan-lahan motivasiku murni karena mengharap ridha Allah, dan berbuat banyak-banyak kebaikan di muka bumi agar saat aku menghadapNya nanti telah kuselesaikan semua tugas dariNya.

Dalam perjalanan bisnis, akan selalu bertemu dengan tantangan dan hambatan, tapi dengan mengingat motivasi awal , membuat semangat dan kekuatan kita kembali lagi.  Apalagi bila kita sudah melakukannya karena Allah, Allah adalah sumber kekuatan yang tak terkira powernya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar