Kamis, 15 Agustus 2013

Ketupat Harum

Belum pernah dengar ketupat harum kan ? Ini ketupat Innuri, resepnya aku karang sendiri dan hasilnya mak nyuuusss .... Selain harum, ketupat ini juga gurih, Alni sampai begitu terkesan waktu mencicipinya : "Rasanya kayak nasi kuning ya buk ?".  Penasaran kan ?



Rahasianya siiih, bukan rahasia lagi dong ya kalau aku katakan sekarang ..... hehehe.

Gini nih saudaraku sebangsa dan setanah air.
Ketupatnya sih biasa saja, kayak ketupatnya orang-orang, cuma waktu merebusnya aku gunakan air santan yang ditambah garam, daun jeruk purut , daun salam dan serai.  Kalau ada daun pandan wangi boleh juga.

Ukuran santannya sesuai selera saja, garamnya sampai airnya berasa gurih, daun jeruk dan salamnya yang banyak.  Aku merebusnya pakai panci presto, jadi lebih cepat matang, 1 jam dihitung sejak bunyi tiiiiiiittttt !!!

Setelah matang, diangkat, digantung dan biarkan dingin, baru deh dipotong sesuai selera. Permukaan ketupatnya jadi berminyak dan berlemak, coba ambil dengan jari dan jilat, ... guriiiiiih. Dimakan tanpa lauk aja sudah enak.  Aku sendiri sukanya dimakan sama telur bumbu petis.  Apapun lauknya, ketupat harum ini sungguh beda dan bikin suami makin cintaaaa ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar