Selasa, 27 Agustus 2013

Dadar Gulung Mawar


Ini dadar gulung isi vla , tapi bentuknya bunga mawar cantik.  Bagusnya memang diberi pewarna merah dan hijau, tapi karena aku berusaha meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam makananku, aku sengaja membiarkan warnanya tetap kuning, sebagai variasi aku gunakan warna coklat dari coklat bubuk di bagian luarnya.  Step by step cara membentuknya menjadi mawar bisa dipelajari di gambar ini. Sebagai benang sarinya aku gunakan coklat meses.



Cara membuat kulitnya; tepung terigu segelas munjung, dikasih garam dan  sedikit air, aduk aduk sampai seluruh tepung tercampur air, tambahkan sebutir telur, aduk lagi, tambah air lagi sampai sedikit encer dan bisa diputar saat digoreng .  Goreng di wajan biasa atau di wajan crepes.

Untuk membuat kulit coklatnya tinggal menambahkan coklat bubuk saja.

Nah, sekarang cara membuat vlanya.



Vlanya ini seperti membuat vla sus biasa, tapi airnya aku kurangi.  Gini caranya, kira kira 50 gr mentega panaskan di wajan, setelah meleleh masukkan serentak 3/4 gelas tepung terigu, aduk aduk sampai tepung tercampur mentega semua, matikan dulu apinya. Lalu masukkan 1,5 gelas susu panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk aduk, tambahkan 4 sendok makan munjung gula pasir. Aduk sampai rata, nyalakan apinya kembali dan masak sambil terus diaduk sampai meletup letup.  Dinginkan.

Selamat mencoba yaaaa .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar