Senin, 16 Juni 2014

Muffin Pisang Coklat dan Muffin Apel Coklat


Beberapa hari yang lalu pingin bikin muffin, lalu googling resep muffin, ketemu ciri-cirinya, yaitu penggunaan telur sedikit, susu cairnya banyak.  Lalu aku otak atik, aku modifikasi sendiri , aku bikin muffin pisang coklat dengan takaranku sendiri. Hasilnya enak pakai banget, tapi kuenya bantat karena aku telah mengurangi soda kuenya.

Kali ini aku membuat muffin apel coklat, dan mengembalikan porsi soda kuenya dalam takaran sesuai resep. Hasilnya mengembang menul menul .... hehehe.



Resep dan cara membuatnya :
- 2 gelas peres tepung terigu protein sedang campur dengan setengah sendok teh soda kue
- tambahkan 2 sendok makan munjung coklat bubuk ke dalam tepung, campur atau ayak.
- tambahkan 1/2 gelas gula pasir
- buat lobang di tengah , lalu berturut turut masukkan ke dalamnya 1 gelas susu cair, 1 butir telur kocok  dan 1/2 gelas minyak goreng
- aduk rata adonan
- bila membuat muffin pisang coklat,  potong-potong kecil-kecil 2 pisang ambon atau pisang tanduk dan potong kotak coklat blok (coklat masak) , masukkan ke dalam adonan
- bila membuat muffin apel coklat, potong-potong  kotak sebuah apel manalagi sebagai pengganti pisangnya
- masukkan dalam cup dan panggang dengan api sedang sampai matang (kurang lebih 30-45 menit)

Rasa muffin apel itu seger seger enak gitu, dan kayaknya lain kali musti mencoba bikin dengan buah yang tidak biasa untuk kue seperti mangga mungkin .... tapi yang pasti muffin nangka atau durian masuk dalam daftar pertama .

Saat membuat muffin apel coklat, aku menggunakan coklat chips karena malas motong-motong, tapi rasanya memang lebih nyoklat bila menggunakan coklat blok, lebih yummy dan 'pantas' di lidah ..... hehehe. Jadi kusarankan menggunakan coklat blok saja bila tidak malas motong motong.


2 komentar:

  1. Alhamdulillah dapet resep yg sptnya mudah dibuat bersama anak2 utk mengisi liburan natal dan tahun baru. terimakasih mama innuri.......

    BalasHapus