Rabu, 12 Maret 2014

Pizza Corona dan Saus Tomat Express


Sudah lama aku ingin membuat pizza corona yang bentuknya cantik unik yang pernah aku lihat di internet.  Dan sudah lama pula aku membeli oregano dan basil biar rasanya ngepizza beneran.

 

Bahkan keponakanku Indra yang baru datang dari Ngawi menyangka ini pizza beli.
"Wah, mas Indra belum tahu kecanggihan bunda", kata gantengku Aden.

Adonan kulitnya pakai resep disini saja ya , aku lebih suka memakai tepung terigu protein sedang / tepung segitiga, karena rasanya lebih enak menurutku.  Sedangkan isinya aku pakai kornet, dan bisa diganti dengan ayam, daging kuda , burung elang .... hehehe,  maksudku sesuai selera, tapi yang halal ya.

Cara membuat isinya : tumis bawang putih , bawang bombay, oregano, basil, masukkan kornetnya, masak dengan api kecil saja, sisihkan.

Tipiskan kulit pizza membentuk lingkaran, potong bagian tengahnya seperti foto, olesi saus tomat melingkar, taruh adonan korned di atasnya, taburi dengan keju parut, disarankan pakai keju mozarella, tapi kalau tidak ada ya pakai keju seadanya saja, aku juga pakai keju cheddar kok.  Lalu bentuk seperti foto.

Biarkan mengembang sebentar, panggang di oven sampai matang.  Hati hati ya saat memanggangnya, jangan sampai terlalu matang, karena jadi keras rotinya.

Disini aku menggunakan saus tomat bikinan sendiri, maksudnya agar lebih sehat, untuk meminimalisir penggunaan bahan makanan olahan pabrik yang berpengawet dan pewarna sintetis.



Aku pernah mempostkan cara membuat saus tomat sendiri di blogku tercinta ini, tapi yang ini beda, ini saus tomat saat sedang malas, karena bikinnya cepat dan tidak ribet, yang penting rasa dan nutrisi alaminya.

Cara membuat saus tomatnya ; tumis bawang putih cincang sampai harum, masukkan tomat yang diiris kotak sampai layu, masukkan garam dan gula sampai rasanya khas saus tomat, rasa manis asam yang lezat, aduk aduk dan biarkan sampai tomat hancur dan kental.  Saus tomat ala Innuri siap digunakan.

Selamat menikmati ..... fotonya saja ya .... wek !!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar