Senin, 24 Maret 2014

Ikan Goreng Daun Salam


Alni tidak suka ikan, padahal ibu bapaknya insinyur perikanan yang bekerja di bidang perikemanusiaan ... maksudnya bikin baju untuk manusia .... hehehe.

Alni lebih suka ayam, padahal hanya ada ayam potong di tukang sayur.  Menurutku ayam potong itu kurang bagus  karena disuntik-suntik.  Bagiku makan ikan lebih bagus karena protein tinggi dan rendah lemak dan kolesterol.

Suatu kali aku menggoreng ikan bandeng yang sebelumnya aku ungkep pakai bumbu dengan daun salam yang banyak, tak kusangka dia suka banget, padahal itu bumbu seadanya karena sedang malas.

Kali ini aku masak lagi ikan dengan bumbu yang tercipta tanpa sengaja itu, tapi pakai ikan gurami, rasanya enak juga, tapi lebih enakan yang ikan bandeng kemarin.  Tapi Alni tetap suka yang berarti resep ini layak dipatenkan .... hehehe.

 

Caranya begini ; ikan yang sudah bersih dipotong potong.  Taruh daun salam yang banyak di dasar panci, taburi di atasnya bawang bombay yang diiris melintang dan cabe merah iris, jahe keprak, lalu taruh ikan yang sudah dipotong potong di atasnya, kasih air sampai ikan terendam semua, jangan lupa bubuhi garam dan gula.  Rebus dengan api kecil  minimal selama 30 menit agar bumbu meresap sempurna ke daging ikan. Tiriskan.

Cara menggorengnya ; siapkan tepung terigu (jangan menggunakan tepung bumbu karena bisa merusak rasa daun salamnya) di sebuah mangkuk, gulingkan ikan di tepung, lalu goreng sampai kecoklatan.  Air yang masih menempel di ikan yang tercampur dengan tepung sudah memberi rasa pada tepungnya.

Ikan goreng daun salam ini rasanya gurih dan harum, agak manis sedikit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar