Rabu, 26 Maret 2014

Donat dan Roti Manis Kentang



Kemarin bikin donat kentang , rasanya lebih lembut dan empuk dibanding donat tanpa kentang,  sampai 3 hari gak tengik dan tetap lembut.  Jadi ngebayangin, seandainya dibikin roti manis kentang, pasti lebih mak nyus.  Adonannya sama saja, dari adonan ini bisa jadi bakpao kentang juga.


Perundingan antara landak, kura-kura dan buaya yang mirip tikus dan si kepang untuk melawan raksasa lapar ..... hahaha.

Bahan dan caranya begini :

Setengah kilogram tepung terigu cakra ditambah 3/4 gelas gula pasir, sedikit soda kue, satu sacet ragi instan (11 gram), satu sacet susu bubuk (27 gram), setengah sendok teh garam, dicampur rata.  Masukkan 1 gelas kentang yang sudah dikukus dan dilumatkan , 1/2 sacet margarine (100gram), 2 butir kuning telur dan seperempat gelas air.  Uleni dengan mixer sampai kalis, kurang lebih 20-30 menit.

Biarkan mengembang menjadi 2 kali lipat, kempiskan dan bagi menjadi 24 bulatan. Masing-masing bulatan dibentuk dan diisi sesuai selera, disini aku membuat kepang diisi kismis, Alni membuat landak, kura-kura dan buaya.  Biarkan mengembang lagi di loyang.  Baru dipanggang dengan api maksimal.  Saat masih setengah matang, keluarkan dari loyang, oles permukaannya dengan putih telur, masukkan lagi sampai bagian atas kecoklatan.



Resep ini sudah terasa manis, untuk donat kentangnya tidak usah ditabur gula halus, tapi kalau mau ditopping macam-macam ya boleh lah, kalau aku sih malas, tapi tunggu kalau aku sudah rajin yaaa.

Donat kentang ini lebih sedap kalau dimakannya keesokkan harinya (nginep dulu), lebih manis dan lebih terasa kentangnya.  Boleh juga kalau nginepnya di rumahku ..... hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar