Selasa, 27 Mei 2014

Cookies Berglazur



Ternyata, aktifitas membuat kue bersama si kecil  bisa mengajarinya berbagai hal, diantaranya kesabaran menunggu proses, melatihnya telaten dalam mengerjakan sesuatu,  mengasah kreatifitasnya dan sekaligus kami bisa bergembira bersama.

Seperti yang aku lakukan sore ini, aku dan Alni membuat cookies berglazur.  Cetakannya berbagai bentuk, ada bulan sabit, hati dan bebek.

Saat menghiasnya dengan glazur, muncul kreatifitas Alni, dia menghias bulan sabit menjadi kucing tersenyum, mewek, nangis, ada juga hati yang terbelah, maksudnya patah hati , bahkan dia menulis namanya di kue  .... hehehe.



Resepnya aku ambil dari buku catatan resepku belasan tahun yang lalu :

Bahan : 450 gram terigu segitiga (protein sedang) ,  50 gram susu bubuk, 2 kuning telur, 200 gram gula halus, 250 gram margarine / mentega.

Cara membuat : margarine dan gula halus dimixer sampai putih, masukkan kuning telur, mixer lagi, masukkan tepung dan susu bubuknya , aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Tipiskan adonan, cetak dan oven sampai hampir matang, oleskan glazur, oven lagi sampai glazurnya kering.

Glazur :
1 butir putih telur dimixer sambil sedikit demi sedikit masukkan 200 gram gula halus, tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis biar tidak amis.  Beri warna sesukanya.  Masukkan ke dalam pipping bag, siap digunakan.

Selamat berkreasi, semoga bisa menambah ide membuat  kue lebaran nanti yaaa .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar