Jumat, 07 Februari 2014

Pastel Basah



Saat aku kecil, ibu punya teman yang punya usaha rumahan menerima pesanan  kue-kue basah, nama beliau bu Hukom, orang Ambon satu-satunya di Ngantang.  Kuenya enak banget, menurutku beliau yang kuenya paling enak di Ngantang.

Beliau sudah meninggal, tapi aku masih mengenang kue-kue buatan beliau yang jadi favoritku, ada sus, roll cake, sarang semut (cake caramel), pastel basah, lemper , dan banyaaak lagi.

Aku masih ingat, bila ada bazar Agustus, bu Hukom jadi peserta bazar dengan kue-kue lezatnya, sementara di hari-hari biasa beliau cuma menerima pesanan.

Kue pastel basah ini adalah favoritku, isinya wortel dan ayam yang ditambah irisan telur rebus, enak sekali.  Aku mencoba-coba utak-atik bikin sendiri, yaa walaupun rasanya tidak bisa persis made in bu Hukom, tapi enak kok, Insan suka banget.



Berikut ini resep pastel basah ala Innuri :

Kulit : 
3 gelas munjung terigu tambah garam secukupnya , campur dengan 1 ons margarine (1/2 sacet) , campur rata, masukkan sebutir telur dan tambah dengan sedikit air hingga bisa dipulung. Tipiskan di glender dengan ketebalan no 3 , kalau mau irit pakai ketebalan no 4. 


Isi :
tumis hingga harum bawang putih bawang merah dan merica yang sudah dihaluskan , masukkan potongan ayam kecil-kecil dan wortel yang sudah dipotong dadu kecil-kecil juga. Bubuhi garam dan gula pasir sampai rasanya pas, masukkan seledri iris halus. Kentalkan dengan setengah gelas terigu yang dilarutkan dengan satu setengah gelas susu. Biarkan sampai meletup letup. Dinginkan.

Adonan kulit yang sudah ditipiskan diisi adonan wortel, taruh telur rebus yang sudah diiris tipis di atasnya. Tutup dan rekatkan dengan dilem pakai air, iris setengah lingkaran. Tekan - tekan tepinya dengan garpu. Siap di goreng di minyak yang banyak dan panas.


Selamat menikmati !

2 komentar:

  1. Duh...jadi kepengen bikin. Tapi... suka kecewa kalau pinggirannya keras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin nggorengnya terlalu lama dan apinya kurang besar mb Mutia. Coba pas memasukkannya pas minyaknya sudah cukup panas dan saat sudah kuning kecoklatan segera diangkat.

      Hapus