Jumat, 06 Desember 2013

Cake Gula Merah



 Aku rajin bikin cake ya akhir akhir ini .... hmmm .... ada maksudnya siiih, selain lagi mood, bikinnya cepat, awet dan gampang, mengenyangkan, jadi bisa dipakai sebagai pengganti nasi bungkus yang biasa aku bagi-bagi.  Kalau membagikan dalam bentuk kue gini, biasanya aku kasih 2 jenis kue, tinggal nambahin pisang goreng karena pisangnya tersedia tanpa beli dan membuat pisang gorengnya juga cepat.  Cerdik kan aku ?

Cake gula merah ini rasanya kayak ontbienkoek , bedanya kalau ontbienkoek menggunakan palm suiker (gula palem), aku pakai gula merah beli di warung mbak Nur sebelah butik ... hehehe.  Yang pasti, cake bikinan sendiri lebih lezat dan sehat karena tidak menggunakan bahan kimia yang berupa bahan pengembang kue, pelembut, pengempuk, pengawet dll dll.  Jadi yuuuuuk bikin sendiri kue untuk keluarga tercinta.



Cake gula merahku ini cara bikinnya sederhana saja, sesederhana bahan-bahannya yang bisa dibeli di warung paling ndeso sekalipun.  Bahannya gula merah, gula pasir, telur, tepung terigu, minyak goreng, bumbu speculas (bila ada).

Gula merah yang sudah disisir  1,5 gelas, gula pasir 4 sendok makan munjung, bumbu speculas 1 sendok teh dan 8 butir telur  dimixer  sampai mengembang dan halus, masukkan 2 gelas tepung terigu sedikit demi sedikit sambil dimixer kecepatan rendah, masukkan 3/4 gelas minyak goreng sadikit demi sedikit sambil dimixer kecepatan rendah.

Masukkan dalam cetakan cake dan panggang sampai matang.

Bumbu speculas merupakan serbuk campuran dari kayu manis, cengkeh dan keningar, bila tidak ada ya numbuk sendiri ... hehehe.


2 komentar: