Selasa, 22 Oktober 2013

Membuat Saus Tomat Sendiri



Kalau sedang beli bakso, aku sering melarang Alni mengambil saus tomatnya, kubilang banyak bahan tambahan makanan yang tidak sehat di dalamnya, ada pewarna sintetis, penyedap rasa dan pengawetnya.  Karenanya aku suka membuat saus tomat sendiri, dan hasilnya enak, alami dan sehat.

Saat ini tomat sedang murah di kotaku, harganya cuma Rp 1500 / kg , murah banget yaaa, bagus-bagus lagi tomatnya, merah utuh dan segar, padahal saat mahal-mahalnya tomat bisa mencapai Rp 8000 / kg.  Ini kesempatan bagus membuat stock saus tomat.



Cara membuatnya ala Innuri saja yaaa, gak ribet ... hehehe.  Sederhana saja kok, 1 kg tomat diblender dengan dua kali blender, sekali blender airnya 1/3 tabung blender, sebagai penyedap tambahkan bawang putih secukupnya saat memblender tomat.

Lalu rebus, cemplungin beberapa potong ayam sebagai penyedap (aku memasukkan 1/4 kg ayam yang dipotong-potong),  setelah air berkurang 1/3 nya, ambil ayam dan saring.

Air tomat yang telah disaring, dididihkan lagi hingga tertinggal 1/2 nya, masukkan garam dan gula sampai rasanya pas, kentalkan dengan 1 sendok makan munjung tepung terigu yang dicairkan dengan air secukupnya. aduk-aduk dan biarkan mendidih beberapa saat.  Angkat dari api dan dinginkan, masukkan dalam toples / botol dan simpan di kulkas.

Nah, kini anak-anak kita bisa menikmati saus tomat yang sehat dan alami.  Licopene di dalam tomat tidak rusak karena proses pemasakan looh, ini jadi saus yang lezat dan menyehatkan buat seluruh anggota keluarga.

Ohya, sisa saringan saus tomatnya tadi bisa dipakai membumbui ayamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar