Senin, 21 Oktober 2013

Kripik Pisang Manis



Ini untuk pertama kalinya aku membuat keripik pisang dan berhasil , hore ! hore! hore !

Cara membuat keripik pisang yang gak atos / keras atau biar renyah  , caranya mengirisnya langsung di atas wajan yang sudah panas minyaknya.  Ini adalah bocoran dari pak Cip, pengusaha kripik Lumba Lumba yang sudah terkenal di Jawa Timur.  Di pabriknya pak Cip sudah serba otomatis, lah kalau aku lebih canggih lagi, soalnya yang mengiris ciptaan Allah langsung, jadi bisa ngerjain apa saja ... hehehe





Ternyata tidak sulit mengiris langsung di atas wajan, karena alat pengirisnya ringan saja, dan pisangnya juga gampang dan cepat diiris.

Pisangnya musti pisang yang masih mengkal loh, dan menggorengnya musti sampai matang  kering.

Persoalan selanjutnya adalah melapisinya dengan gula, mikir dan coba-coba bagaimana caranya.  Akhirnya ketemu sama 2 resep ini, silahkan dipilih.

Resep pertama, satu bagian gula  dicampur dengan satu bagian air , lalu direbus sampai mendidih merata ke seluruh permukaan air (berbuih buih rata), masukkan keripik pisangnya serentak, aduk aduk sampai rata, matikan api, tetap aduk aduk di atas wajan yang masih panas, dinginkan, masukkan toples.  Hasilnya adalah lapisan gula menutup tipis seluruh permukaan keripik, terlihat rapi dan rasanya manis sedang.  Aku tadi memakai ukuran sendok sayur (erus bahasa jawanya), satu sendok sayur gula dicampur dengan satu sendok sayur air, keripiknya dua kali menggoreng (dua serok).

Resep kedua, satu setengah bagian gula dicampur dengan satu bagian air. Caranya sama dengan resep pertama.  Hasilnya, lapisan gula lebih tebal sampai ada berwarna keputih putihan di permukaan, keripik lebih manis rasanya.

Aku masih ingin membuat keripik pisang lagi dengan rasa yang lain, tunggu saja yaaaa ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar